Sekilas Fresh Graduate Super Camp 2011

Sebagai salah satu kampus terbaik di Indonesia, ITB diharapkan dapat menjadi solusi tenaga profesional dan kompeten di berbagai bidang. Hal ini menjadi beban yang diamanatkan di pundak para alumni ITB sejak mereka resmi melepas statusnya sebagai mahasiswa. Menjadi profesional di dunia kerja, birokrat yang berintegritas atau pengusaha yang mampu membuka lapangan kerja merupakan wujud nyata dari peran para lulusan kampus Ganesha ini. Hal ini sangat disadari oleh Ikatan Alumni ITB. Sebagai wadah pengembangan potensi para Alumni, IA-ITB mencoba untuk memberikan solusi untuk mempersiapkan para alumni baru menghadapi tantangan di dunia pasca-kampus. Dengan merangkul berbagai pihak, IA-ITB mencoba memberikan solusi untuk membantu para lulusan baru ini untuk menata langkah mereka memasuki dunia kerja dan dunia usaha.

Sebagai wujud pelayanan kepada alumni muda, Bidang Pelayanan dan Hubungan Alumni – Pengurus Pusat IA-ITB menyelenggarakan program IA-ITB Fresh Graduate Super Camp 2011 (FGSC 2011). FGSC 2011 adalah program pelatihan manajemen karir bagi para lulusan baru ITB sebagai bekal untuk menata langkah menghadapi dunia kerja dan usaha. Program ini merupakan pengembangan konsep dari Career Management Training (CMT) yang telah diselenggarakan sejak 2008, dengan menambahkan unsur kewirausahaan sebagai salah satu aspek yang ingin dikembangkan dikalangan alumni, khususnya lulusan baru ITB. Dengan program ini diharapkan para alumni baru memiliki gambaran tentang perencanaan masa depannya dan siap menghadapi tantangan, baik di dunia kerja maupun usaha.

Fresh Graduate Super Camp merupakan pelatihan singkat berisi materi-materi bermanfaat seputar persiapan menghadapi dunia pasca-kampus. Program ini rencananya akan diselenggarakan rutin menjelang wisuda sarjana ITB, tiga kali dalam setahun. Pelaksanaan pelatihan terbagi menjadi dua sesi, yaitu sesi umum dan sesi khusus. Sesi umum akan berisi materi dasar mengenai self-assessment, membangun visi, dan perencanaan masa depan. Tujuan dari dari sesi ini, peserta memiliki gambaran mengenai rencana hidupnya di masa depan dan dapat menentukan pilihan untuk berkarir atau merintis usaha. Dalam sesi khusus, peserta terbagi menjadi 2 cluster, yaitu cluster karir dan wirausaha. Masing-masing cluster akan memperoleh materi yang lebih spesifik mengenai jalur yang dipilih.