Kawah Putih, Keindahan nan memukau di puncak Gunung Patuha

Kawah Putih, Keindahan nan memukau di puncak Gunung Patuha

Oleh: Ardee

Hamparan putih tanah vulkanik, dikelilingi kabut tipis, udara sejuk pegunungan dan aroma belerang menjadi sensasi khas di objek wisata ini. Berada di ketinggian 2.386 meter di atas Gunung Patuha, kawah ini dapat menjadi salah satu spot alternatif bagi pasangan calon pengantin yang ingin membuat foto pre-wedding atau pengantin baru yang sedang berbulan madu. Memang, ditengah kesunyian alam dari hutan lindung yang mengelilinginya, kawah ini menyimpan keindahan yang luar biasa.

Cobalah melihat ke danau kawah ini. Airnya yang dangkal jernih dan sedikit menyengat memancarkan warna pantulan sinar matahari yang berubah-ubah. Keindahan kawasan inipun tidak hanya berada di kawahnya. Sepanjang perjalanan kelokasi, anda dapat menikmati alam hijau nan asri dan hamparan pemandangan di sekeliling kota Bandung. Meskipun keindahan kawah ini telah banyak dikenal sejak zaman kolonial Belanda, namun potensinya sebagai objek wisata baru mulai digarap serius sejak tahun 1987 oleh Perhutani.

Lokasi ini ditemukan oleh seorang botanis berkebangsaan Jerman, Franz Wilhelm Junghuhn pada tahun 1837. Awalnya kawasan ini dianggap angker oleh penduduk lokal karena banyaknya burung yang mati mendadak. Namun kemudian Junghuhn dapat membuktikan bahwa fenomena ini terjadi karena adanya semburan uap belerang dari celah bebatuan di kawah gunung yang masih aktif ini. Fakta ini kemudian mendorong pemerintah kolonial membuat tambang belerang di sekitar kawah ini. Sisa-sisa peninggalan tambang ini masih dapat kita lihat di sana.

Kurang lebih dibutuhkan waktu sekitar 2,5 jam untuk mencapai gerbang kawasan yang berjarak sekitar 46 km dari kota Bandung ini. Dari gerbang, kita memasuki area parkir dimana pengguna kendaraan roda 2 dan bus harus turun. Selanjutnya, perjalanan kepuncak dapat dilakukan menggunakan ontang-anting atau mobil pribadi, menyusuri jalur menanjak serta berkelok yang dapat ditempuh kurang lebih 15 menit. Sesampai di puncak, terdapat track menurun hingga ke tengah kawah yang dapat ditempuh dengan berjalan kaki sekitar 5 menit.