Ayo Bergabung Bersama UNHAN!

Ayo Kuliah di UNHAN…!

Punya cita-cita jadi diplomat? Meniti karir di birokrasi? Atau mau jadi politisi? UNHAN adalah kampus yang tepat bagi anda.

 

Sejak diresmikan 11 Maret 2009, Universitas Pertahanan Indonesia kini telah memiliki 4 lini program studi yang terbuka bagi masyarakat sipil dan militer. Salah satu keunggulan UNHAN adalah sebagai kampus pertama dan satu-satunya lembaga pendidikan pascasarjana yang fokus pada pada kajian bidang pertahanan di Indonesia. Statusnya sebagai institusi pendidikan negeri dibawah KEMDIKNAS dan KEMHAN menjadikan UNHAN sebagai media yang strategis dalam membangun jejaring dengan aparat birokrasi. Selain itu, UNHAN memiliki karakteristik khas pada pembiasaan mengenai interaksi sipil militer, yang di situasi sebenarnya amat penting untuk menciptakan sinergi antara dua entitas tersebut. Kelebihan lainnya, UNHAN memberikan beasiswa penuh dan tidak mengikat bagi semua mahasiswanya, mencakup biaya operasional serta fasilitas penunjang perkuliahan, ekskursi dalam dan luar negeri. Biaya hidup tidak tercakup dalam beasiswa.

 

Mahasiswa UNHAN terdiri dari perwira militer, PNS, kalangan profesional dan berbagai latar belakang lainnya. Hal ini menjadi keuntungan tersendiri bagi mahasiswa didalamnya. Personil militer dibiasakan dengan lingkungan akademik dimana argumentasi ilmiah dijunjung tinggi, dengan melupakan sejenak strata kepangkatan dan senioritas yang kenal di lingkungan militer. Sebaliknya, mahasiswa sipil dibiasakan dengan kedisiplinan dan sistem kerja yang berlaku di militer dengan harapan mereka dapat beradaptasi dengan lingkungan kerja militer. Hal ini diharapkan memfasilitasi terbentuknya calon pemimpin masa depan, baik di sipil maupun militer yang mampu bekerjasama secara sinergis.

 

Sekolah Strategi Perang Semesta (SSPS)

Program studi: Strategi Perang Semesta

  • Status kuliah ini disejajarkan dengan LEMHANNAS dengan kelebihan adanya gelar master ilmu pertahanan / M.Si. (HAN)
  • Terbatas hanya TNI berpangkat Kolonel, Polri berpangkat Kombes atau PNS golongan IIIC.
  • Mendapat surat izin instansi.
  • Ijazah S1 dan CV

 

Sekolah Kajian Pertahanan dan Strategi (SKPS)

Program studi:

  1. Manajemen Bencana untuk Keamanan Nasional (kerjasama dengan BNPB)
  2. Ekonomi Pertahanan (Kerjasama dengan FE UI)
  3. Manajemen Pertahanan (Kerjasama dengan Cranfield University, UK)

 

Syarat:

  • TNI dengan pangkat Kapten s.d. Letkol, Polri dengan pangkat AKBP, terbuka untuk sipil.
  • Mendapat izin instansi bagi yang berdinas.
  • Ijazah S1 dan CV.

 

Informasi lainnya:

  • Pendaftaran paling lambat 15 April 2011.
  • Pendaftar akan diseleksi TOEFL (Min. 500), TPA (Min. 550) dan wawancara.
  • CP dan Informasi: Violy / Subur 021 3924235.