Pecel Madiun, Racikan Salad Khas Jawa Timur yang Mengundang Selera

Pecel Madiun, Racikan Salad Khas Jawa Timur yang Mengundang Selera

Oleh: Ardee

Pecel adalah salah satu jenis racikan salad tradisional yang populer di kalangan masyarakat Indonesia, khususnya Jawa. Seperti juga Gado-Gado dari Betawi atau Lotek, pecel terdiri dari cacahan sayur mayur yang disiram saus dari kacang tanah goreng yang diulek halus dan ditambahkan air. Ada banyak daerah yang memiliki jenis pecel dengan kekhasannya masing-masing, seperti Pecel Surabaya yang cenderung lebih asin atau misalnya Pecel Jogjakarta yang bercitarasa lebih manis. Dari sekian banyak pecel, Pecel Madiun memiliki kekhasannya tersendiri.

Dari segi komposisi sayur mayur, Pecel Madiun cenderung lebih selektif dibandingkan pecel pada umumnya. Beberapa sayuran khas dalam Pecel Madiun antara lain kembang turi, bendoyo (krai yang direbus) dan tauge berekor pendek. Selain itu terkadang ada tambahan berupa kecambah kacang panjang dan irisan rebung muda, selain kol, bayam, kemangi, ketimun serta kacang panjang yang umum ditemui di pecel dari daerah lain. Yang juga khas adalah taburan biji Lamtoro atau Petai Cina yang membuat sensasi renyah didalam Pecel Madiun ini.

Dari segi bumbu, umumnya kacang tanah dalam Pecel Madiun diulek agak kasar, sehingga rasa kacangnya lebih terasa. Bumbu tambahan yang digunakan antara lain gula merah, gula putih, cabai rawit, asem, terasi dan daun jeruk purut. Untuk memberikan rasa pedas yang lebih lembut, cabai rawit yang digunakan biasanya disangrai sebentar. Disamping bumbu kacang ini, sebagian penjual Pecel Madiun juga menaburkan semacam serundeng yang membuat citarasanya semakin unik.

Sebagai pelengkap, biasanya Pecel Madiun disajikan dengan rempeyek kedelai hitam atau kerupuk. Selain itu lauk pauk tambahan yang biasanya disajikan bersama Pecel Madiun antara lain tempe serta tahu bacem, empal daging, babat, sate telur puyuh atau ayam goreng. Disajikan diatas alas pincuk daun pisang dengan nasi liwet hangat, pasti salad tradisional asli Jawa Timur ini akan menerbitkan selera anda pada pandangan pertama.