Rekap Tanya Jawab Rica Leyona JKT48 dan Tweeps

Beberapa waktu lalu aku sempat posting rekapan tanya jawabnya Achan JKT48 di twitter. Kali ini aku mau coba ngerekap sesi tanya jawab dari salah satu member lain, yaitu Rica Leyona (Rabu, 04/09/2013). Buat aku pribadi, Rica itu sosok yang punya kesan tersendiri. Pertama kali aku lihat dia di hari kedua show ‘Pajama Drive’ di Nyi Ageng Serang, Kuningan. Dia satu-satunya member generasi pertama yang waktu itu nggak aku kenal wajahnya sama sekali. Sampe-sampe waktu itu aku kira dia member yang baru masuk. Tapi pas jikoshoukai, baru aku tahu kalo dia yang namanya Rica Leyona.

Seiring waktu, dia berkembang dengan caranya sendiri di JKT48. Awal-awal, dia sempat relatif kurang populer dibanding ‘Oshi sejuta umat’ seperti Nab (Nabilah) dan Imel (Melody), setidaknya itu yang terbaca dari pertumbuhan followernya di twitter. Tapi seperti kata lirik lagu ‘Shonichi’, usaha keras itu tak akan mengkhianati. Mantan barista di salah satu cafe bergengsi ini mulai menunjukkan kualitasnya dengan menjadi salah satu tim senbatsu lagu ‘RIVER’, yang dianggap salah satu lagu AKB48 dengan koreografi paling rumit dan enerjik.

Salah satu kelebihan dia yang aku peroleh dari testimoni sejumlah rekan sesama fans di grup BBM dan komunitas fans, adalah keramahannya dalam berinteraksi bersama fans. Karakter ini mungkin sedikit banyak dipengaruhi oleh pengalaman dia saat bekerja sebagai barista yang dituntut untuk dapat berinteraksi dengan baik dengan pelanggan. Hal inilah yang membuatnya termasuk diantara member yang masuk kategori ‘kamitaiyou’ dalam event handshake, yang berarti dianggap memberikan kenyamanan saat berinteraksi dengan para fans. Bagaimanapun ini merupakan investasi utama bagi seorang member untuk dapat terus eksis ditengah persaingan diantara mereka sendiri agar dapat diterima publik.

Meskipun gak bisa disebut oshimen, bagi aku pribadi, Rica adalah salah satu member yang aku harapkan suatu saat menjadi Center di JKT48. Nggak hanya sebagai Center, Rica juga sosok yang paling aku tunggu-tunggu untuk tampil dengan single solo, seperti oshimenku di AKB48, Shinoda Mariko.

Ngomong-ngomong soal Mariko, Rica memang punya banyak kesamaan dengannya. Minimal kesamaan sebagai member paling senior di masing-masing grupnya, sama-sama lolos audisi dengan status tanpa pengalaman di dunia showbiz dan sama-sama pernah bekerja di Cafe. Aku berharap suatu saat Rica akan menjadi seperti Mariko di JKT48.

Berikut adalah rekapan sesi Tanya Jawab Rica (Rabu, 04/09/2013) dengan para fans di Twitter. Aku rubah sedikit format dan gaya bahasanya agar seperti alur tanya jawab. Semoga berkenan.

Rica (R): Tanya jawab yuukkk!
Tweeps (T): Gimana rasanya terpilih di Revival Pajama Drive?
R: Gak kebayang aja, tadinya udah mau nyerah aja karena saingan aku berat-berat. Tapi aku tetap berusaha.
T: Sudah berapa lama ngeracik kopi?
R: Aku ngeracik kopi sudah hampir 1 taun.
T: Kangen nggak sama fans lama?
R: kangen fans lama juga, (aku) bisa bertahan di JKT48 karena fans, mereka yang udah bikin aku semangat terus di JKT48.
T: Apa harapan kamu dengan keberadaan kamu di JKT48?
R: Harapan aku di JKT48 bisa membuat JKT48 menjadi idol yang lebih baik, bisa kasih yang terbaik juga untuk fans, karena aku di JKT48 untuk kalian semua.
T: Udah siap untuk show revival Pajama Drive?
R: Aku sudah siap untuk pajama drive nanti. Mohon doanya ya… cita2 aku masih sama seperti yang dulu. #aseek
T: Lelah nggak sih masuk JKT48?
R: Secara fisik sebenarnya nggak lelah, batin pun nggak, karena aku masuk JKT48 karena ini emang jalan aku dan Allah udah kasih jalan yang terbaik.
T: Makanan kesukaan kamu apa? Oshi kamu siapa di AKB48?
R: Aku suka makanan korneeeettt, oshi aku di AKB48 tomochin takamina, dll.
T: Kamu suka cappucino?
R: Aku lebih suka moccha karena lebih manis, cappucino lebih pahit, karena dia terlalu strong coffee-nya.
T: Apa sih arti JKT48 buat kamu?
R: JKT48 itu seperti rumah kedua buat aku, di saat aku sedih dan aku datang ke theater terus perform di situ aku merasa lebih baik.
T: Perubahan apa aja yang kamu alamin setelah masuk JKT48?
R: Perubahan setelah masuk d JKT48 jadi bisa tau arti dance, arti 48family, arti fans, dll.
T: Gimana sih kamu melihat haters?
R: Haters itu berarti dia sayang sama, kita karena biasanya haters suka kepoin kita gitu, nah dari kepo itu dia mencari tau segalanya tentang kita.
T: Apa yang menjadi motivasi kamu sebagai member?
R: Motivasi aku di JKT48 itu membuat semua orang bahagia, ketika mereka datang ke theater dgn antrian berjam-jam.
T: Perasaan sewaktu tomochin grad?
R: Sedih sih, tapi mungkin dia grad memilih jalan yang terbaik dan kita hanya bisa berdoa aja utk kebaikan dia d sana.
T: Kpn kamu menjadi Rica JKT48?
R: Saat aku perform di atas stage, di situlah aku Rica JKT48 yang harus bisa menginspirasikan (mengekspresikan?) semuanya kpd fans.
T: Kapan kamu menjadi Rica Leyona ?
R: Saat aku tdk d stage dan saat aku berada di lingkungan, bersosialisasi. (Saat) aku harus bisa membagi kebahagia kepada orang sekitar.
T: Ngeracik kopi itu buat kamu?
R: Ngeracik kopi itu biasanya harus dengan perasaan, karena bagi aku coffee itu seperti pertemanan yang harus bisa dirasakan dalam hati. #aseek
T: Arti fans buat kamu?
R: Arti fans buat aku itu adalah TEMAN… Tanpa mereka aku bukan siapa-siapa di sini, tanpa dukungan dari mereka aku tidak akan jadi rica JKT48.
T: Hal yang paling berkesan dalam hidup kamu?
R: Hal yang paling berkesan saat bisa mebahagiakan orang-orang di sekitar dan orang tua.
T: Tanggapannya tentang para haters?
R: Haters mau bicara apa aku sih cuek aja berarti dia perhatian sama aku sampe-sampe aku diomongin ama dia… Ahhahahaha…
T: Pernah ngerasa pesimis nggak?
R: Aku lebih suka jadi orang optimis karena orang optimis itu akan selalu terus berusaha dan tidak akan menyerah sampai kapan pun walau banyak rintangan (menghadang).
T: Gimana perasaan kamu kalo lagi kangen dengan seseorang?
R: Kalo lagi kangen seseorang cuma bisa terdiam memikirkan ‘dia lg apa ya?’, ‘Euhm… Udah makan belum ya?’, ahhahaaha karena gak punya kontak personnya.
T: Pesan kamu untuk para fans yang jauh?
R: Pesen aku buat fans jauh, mudah-mudahan kita bisa bertemu ya. Jangan bersedih yang belum bisa ke theater, semoga kita bertemunya di tour konser keliling lagi.
T: Hal terberat masuk JKT48 itu?
R: (saat aku berpikir) “apakah aku bisa ngejalanin dunia idol? Padahal aku sendiri belum tau arti idol.”, tapi aku coba perlahan-lahan.
T: Perubahan yang menonjol d JKT48?
R: Akhirnya saya bisa menari di lihat oleh banyak orang… hehehehe.
T: Perasaannya dapat lagu ‘Tenshi no Shippo’?
R: Bawain lagu tenshi no shippo itu rasanya deg-degan, tapi inilah tantangan(nya). Gimana pun caranya aku harus bisa bawain unit ini. Karena unit ini unik.
R: Oke mungkin segini dulu ya tanya jawabnya, nanti dilanjutkan lagi. Mohon maaf klo ada yang belum terjawab sama aku. Semangat selalu semuanya.

Edited by: @Wartawota48